REVISI CP (Capaian Pembelajaran) Kurikulum Merdeka Terbaru 2023 Semua Mapel Jenjang PAUD sampai SMA/MA

REVISI CP (Capaian Pembelajaran) Kurikulum Merdeka Terbaru 2023 Semua Mapel Jenjang PAUD sampai SMA/MA


Info Madrasah - Capaian Pembelajaran merupakan rujukan bagi satuan PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA) dalam merancang kegiatan di satuan pendidikan bagi peserta didik usia dini. Capaian Pembelajaran memberikan kerangka pembelajaran yang memandu pendidik di satuan PAUD dalam membangun nilai, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan oleh anak usia dini, serta untuk menjalankan fungsi PAUD sebagai fondasi saat memasuki jenjang pendidikan dasar.

Capaian Pembelajaran disusun dengan mempertimbangkan beberapa rasional: Pertama, Capaian Pembelajaran mencerminkan nilai karakter yang tertuang di dalam profil pelajar Pancasila serta kompetensi yang tertuang di dalam Standar Kompetensi Lulusan untuk Anak Usia Dini (atau Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak - STPPA). Selaras dengan profil pelajar Pancasila dan STPPA, rumusan Capaian Pembelajaran dibuat fleksibel untuk memberikan lebih banyak ruang kemerdekaan bagi satuan PAUD dalam merancang tujuan pembelajaran yang mencerminkan visi dan misinya. Beragam keadaan sosial, budaya, ekonomi, dan sumber daya masyarakat Indonesia adalah sinyal bahwa penjabaran mengenai apa yang perlu dipelajari di satuan PAUD harus tetap menyediakan ruang kemerdekaan bagi satuan pendidikan dan ekosistemnya untuk menentukan bagaimana mereka akan menggunakan semua potensi yang dimiliki untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Dalam rangka melaksanakan penyiapan kebijakan teknis, penyusunan kurikulum, dan pengembangan pembelajaran, Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah melakukan kegiatan Umpan Balik Capaian Pembelajaran pada PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan Kesetaraan pada bulan Januari sampai dengan Mei 2023. Berdasarkan hasil umpan balik terhadap Capaian Pembelajaran tersebut, kami melakukan revisi Capaian Pembelajaran pada PAUD, SD, SMP, dan SMA. 

Sehubungan dengan itu, berikut kami sampaikan hasil revisi: 

1. Capaian Pembelajaran untuk PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA) pada Kurikulum Merdeka; dan 

2. Capaian Pembelajaran untuk SD/MI/Program Paket A, SMP/MTS/Program Paket B, dan SMA/MA/Program Paket C pada Kurikulum Merdeka. sebagai pertimbangan untuk revisi Buku Teks Pelajaran pada PAUD, SD, SMP, dan SMA pada Kurikulum Merdeka.


CP (Capaian Pembelajaran) Kurikulum Merdeka Terbaru 2023 Semua Mapel Jenjang PAUD sampai SMA/MA


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama