PANDUAN KOMPETISI SAINS MADRASAH (KSM) NASIONAL TAHUN 2023

PANDUAN KOMPETISI SAINS MADRASAH (KSM) NASIONAL TAHUN 2023


KATA PENGANTAR

Segala puji hanya milik Allah SWT, shalawat dan salam semoga tercurah keharibaan Rasulullah SAW, para sahabat dan keluarganya. Amiin. 
Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan kegiatan nasional dan tahunan, yang dirangkai dengan beberapa kegiatan antara lain; MYRES, Ekspo Madrasah dan Pameran Daerah. KSM kali ini akan diselenggarakan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, mulai tanggal 3 sampai 7 September 2023. 
Sebagaimana tugas Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah di bidang kesiswaan, maka rangkaian kegiatan ini dilakukan dalam kerangka memfasilitasi, menggali, menemukan dan membina bakat, minat dan prestasi murid, agar terwujud lulusan madrasah unggul berdaya saing dan berakhlak mulia dalam menyongsong Indonesia emas.
KSM sebagai kegiatan madrasah, memiliki kekhasan keislaman yang tercermin dalam materi soal-soal KSM yang diintegrasikan dengan materi agama Islam, nilai keagamaan dan bahasa arab.
Dengan pola integrasi ini diharapkan berdampak pada pemahaman, cara pikir dan perilaku murid madrasah yang selalu mengintegrasikan semua aktifitas keduniaan dengan keagamaan sehingga bernilai ibadah yang berdimensi ukhrawi, demi kebahagiaan dunia sekaligus akhirat.
KSM tahun 2023 mengambil tema “Mandiri Berprestasi Membangun Kemuliaan Negeri”. Tema ini dimaksudkan bahwa kemandirian harus ditumbuhkan sejak dini, untuk menggapai prestasi dalam kehidupan, agar negeri ini -di masa mendatang- tetap tegak penuh kepercayaan diri dengan nilai-nilai akhlak mulia. Kemajuan dan kemuliaan negeri hanya bisa dicapai dengan peradaban yang dibangun diatas akhlak dan budi pekerti yang mulia. 
Akhirnya, kepada semua peserta kompetisi, kami sampaikan selamat bertanding membuktikan prestasi dengan kemuliaan diri, dan terima kasih kepada sem`ua pihak yang berperan dalam membantu menyukseskan kegiatan KSM ini.
Semoga pelaksanaan KSM tahun 2023 di Kota Kendari ini senantiasa dinaungi Rahmat, dan di Ridhoi Allah SWT. Aamiin

Jakarta,    Agustus 2023
Plt. Direktur KSKK Madrasah
Muchamad Sidik Sisdiyanto

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama