Daftar Madrasah (MI, MTs dan MA) Prov. Sultra Pelaksana AKMI Tahun 2022

Daftar Madrasah (MI, MTs dan MA) Prov. Sultra Pelaksana AKMI Tahun 2022

Info MadrasahAsesmen Kompetensi Madrasah Indonesia, disingkat AKMI adalah asesmen yang dilakukan pada siswa madrasah sebagai metode penilaian yang komprehensif untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya termasuk survei karakter.

Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) merupakan penilaian kompetensi mendasar terhadap seluruh peserta didik di madrasah jenjang MI, MTs dan MA sebagai alat ukur untuk mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat.

Literasi Numerasi

Literasi numerasi merupakan kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari.

Literasi Membaca

Literasi membaca adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah, mengembangkan kapasitas individu, sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat

Literasi Sains

Literasi sains adalah pengetahuan dan kecakapan ilmiah dalam mengidentifikasi pertanyaan, memperoleh pengetahuan baru, menjelaskan fenomena ilmiah, serta mengambil simpulan berdasar fakta, memahami karakteristik sains, serta kesadaran bagaimana sains dan teknologi mempengaruhi manusia dan lingkungan.

Dok: Uji Validasi Instrumen AKMI2022

Literasi Sosial Budaya

Literasi sosial budaya merupakan kemampuan individu dan masyarakat dalam bersikap terhadap lingkungan sosialnya sebagai bagian dari suatu budaya dan bangsa, termasuk kemampuan untuk menerima dan beradaptasi, serta bersikap secara bijaksana atas keberagaman.

Kementerian Agama melalui bidang Pendidikan madrasah juga melaksanakan kegiatan AKMI sejak 2021 dan sesuai dengan porsi madrasah yang telah ditetapkan oleh kementerian Agama RI melalui Direktorat KSKK Madrasah dan baru 50% MI se Sulawesi Tenggara yang melaksanakannya, dan di Tahun ini akan dilaksanakan kembali kepada semua jenjang dengan rincian sebagai berikut:

MI : 109 lembaga (belum pernah melaksanakan AKMI)

MTs : 7 Lembaga (piloting)

MA : 5 Lembaga (piloting)

Catatan:

Bagi lembaga yang akan melaksanakan AKMI dapat login dilaman https://pdakmi.kemenag.go.id/
Username: NSM
Password: 5 Digit NSM awal dan 1 Digit NSM akhir

Contoh: 
MTs Labibia (NSM 121274710006)
akan login menggunakan
User: 121274710006
Password: 121276

Berikut daftar MI Pelaksana AKMI UTAMA tahun 2022

                            >>>Lihat Disini<<<

Daftar MTs dan MA Piloting Pelaksana AKMI Tahun 2022

                     >>>Lihat Disini<<<


Post a Comment

أحدث أقدم