Petunjuk Teknis Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Nasional Tahun 2024
BAB I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
pada satu sisi mulai menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat karena
akses negatif yang ditimbulkan oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
tersebut. Menyikapi kondisi ini, masyarakat mulai menaruh harapan besar kepada
madrasah agar dapat menjawab tantangan itu. Di mata masyarakat, madrasah dapat
memberikan benteng bagi anak-anak mereka karena madrasah tidak hanya membekali
ilmu pengetahuan dan teknologi, namun juga memberikan bekal ilmu agama.
Indikator paling tampak dari kondisi tersebut adalah semakin besar minat orang
tua mendaftarkan putra-putri mereka ke madrasah. Fakta ini tentu menjadi
tantangan tersendiri bagi pengelola madrasah yang harus dijawab dengan
langkah-langkah konkret. Proses pembelajaran dan sarana pembelajaran di madrasah
harus semakin ditingkatkan, ditunjang dengan guruguru madrasah yang juga harus
senantiasa ditingkatkan kualifikasinya.
Selain itu, guna meningkatkan iklim
kompetisi di kalangan siswa madrasah juga perlu dikembangkan/dibangun
kegiatan-kegiatan yang dapat mengakomodir siswa untuk mengaktualisasikan potensi
yang dimiliki. Dengan cara ini, maka madrasah dapat semakin mengejar
ketertinggalan dari sekolah umum, bahkan sangat mungkin mengunggulinya.
Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah gelaran nasional yang
dilaksanakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi
sains kalangan siswa madrasah. Sejak awal digelar tahun 2012, KSM telah menjadi
ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi. Pada tahun 2024, KSM
berupaya mengelaborasi sains, budaya, dan teknologi dengan konteks nilai-nilai
Islam. Integrasi sains dan konteks nilai-nilai Islam dalam KSM digambarkan
melalui framework sebagai berikut:
Adapun karakteristik soal yang dikembangkan dalam KSM 2024 adalah: (1). Simple Problem. Soal ini memiliki karakteristik berupa pilihan jawaban (choice problem) dengan struktur masalah yang lengkap (well-structured); (2). Partial Problem. Soal ini memiliki karakteristik antara pilihan jawaban (choice problem)/ masalah desain (design problem) dengan struktur masalah yang lengkap/tidak lengkap (well and ill-structured); (3). Complex Problem. Soal ini memiliki karakteristik berupa masalah desain (design problem) dengan struktur masalah yang tidak lengkap (ill-structured). Karakteristik soal KSM 2024 dapat digambarkan sebagai berikut:
Berdasarkan dasar pemikiran di atas, Kementerian Agama
melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam pada tahun 2024
kembali akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan KSM.
Kegiatan itu akan dimulai dari KSM tingkat Satuan Pendidikan,
KSM tingkat Kabupaten/Kota, KSM tingkat Provinsi hingga KSM
tingkat Nasional.
Mengusung tagline baru Madrasah “Madrasah Maju,
Bermutu, Mendunia”, bahwa pelaksanaan KSM tahun 2024 ini
mempunyai beberapa distingsi, diantaranya adalah kompetisi yang
bersifat merit-based yaitu menjadikan kualifikasi dan kompetensi
peserta sebagai pertimbangan penilaian. Selain itu, KSM 2024
menambahkan kompetisi beregu di mana penekanan diberikan
pada kerja-kerja kolaborasi yang merupakan hal penting dalam
kegiatan saintifik di Abad 21. KSM 2024 juga meneguhkan
rekognisi madrasah yang lebih luas baik nasional maupun
internasional. Hal ini dilakukan dengan pembuatan soal yang
bersifat kontekstual, mengacu kepada isu-isu sains internasional,
variasi soal pilihan ganda, esai singkat dan uraian, serta
melibatkan juri-juri tingkat nasional dan mengundang juri mitra
internasional.
Selengkapnya >>>DOWNLOAD DISINI<<<